Meditasi untuk pemula

Daun dalam kolam

“Kolamnya memang dipenuhi daun. Akan tetapi airnya jernih dan tenang.”

Meditasi sebenarnya sangat sederhana. Yang perlu dilakukan hanya:

1. Duduk dengan punggung tegak.

2. Tutup mata dan buat tubuhmu rileks.

3. Bernafas perlahan tanpa dipaksakan.

4. Perhatikan nafasmu.

5. Jika muncul pikiran atau perasaan, sadari adanya pikiran dan perasaan tersebut.

6. Ingat, rileks…

7. Bernafas dengan perlahan dan…

8. Kembali ke poin 4.

Dari poin-poin di atas, dapat disimpulkan bahwa meditasi tidak memiliki tujuan tertentu. Kita hanya memusatkan perhatian pada suatu obyek; tidak kurang dan tidak lebih. Kebanyakan orang bermeditasi dengan tujuan untuk menenangkan batin, tapi sebenarnya saat bermeditasi kita akan dihadapkan dengan pikiran-pikiran dan perasaan kita sendiri. Jika kita bermeditasi dengan target ‘mencapai ketenangan batin,’ yang terjadi justru kita akan menyadari bahwa batin kita jauh dari ‘ketenangan’ dan ‘kekosongan.’ Saat kita tahu bahwa kita tidak mencapai target, kita justru menjadi frustasi dan batin kita semakin bergejolak.

Jadi, akan lebih baik jika energi yang terbuang akibat frustasi itu digunakan untuk melatih disiplin dalam bermeditasi. Dua puluh menit setiap hari lebih baik daripada dua jam seminggu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s