Planet dan Geometri

Tidak seperti model heliosentris di mana planet-planet memiliki orbit yang berbentuk elips, dalam model geosentris planet-planet (selain Matahari dan Bulan) memiliki pola orbit yang bisa dibilang agak lucu; ada satu lingkaran besar yang di dalamnya banyak lingkaran kecil. Lingkaran-lingkaran kecil ini (disebut epicycle) membentuk pola geometris yang dapat kita pakai untuk membuat sigil dalam azimat atau lamen untuk ritual.

Gambar milik Jürgen Giesen dari GeoAstro.de 

 

Merkurius

mercuryTri

Orbit Merkurius membentuk pola segitiga, namun beberapa orang lebih suka menggunakan heksagram meskipun sebetulnya heksagram juga bisa digunakan untuk semua planet.

 

Venus

venusPenta

Venus membentuk pola pentagram. Jadi kalau kalian menemukan simbol pentagram bisa jadi itu dimaksudkan sebagai simbol untuk Venus. Contohnya sigil untuk Astaroth dari Ars Goetia bisa diartikan sebagai petunjuk bahwa Astaroth sebenarnya adalah Astarte (meskipun dalam perwujudan yang penuh murka) yang berdasarkan interpretatio romana dianggap sebagai Venus.

220px-Astaroth.svg

 

Mars

marsSepta

Pola heptagram (tujuh sisi).

 

Jupiter

jupiter

Terdapat 11 epicycle dalam orbit Jupiter.

Setelah Jupiter, planet-planet yang lain memiliki radius orbit yang sangat besar sehingga jumlah epicyclenya terlalu banyak (Saturnus saja sudah 28!). Kalau pun kamu mau membuat sigilnya, tentu sangat tidak praktis. Oleh karena itu postingannya cukup sampai di sini, ya?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s